BUKU TERBARU

MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA : Teori dan Aplikasi pada Matematika Sekolah Dasar

Judul Buku:

MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA : Teori dan Aplikasi pada Matematika Sekolah Dasar
Pengarang:
Indah Suciati, Hajerina, Dewi Sri Wahyuni, Wahyuni H. Mailili, Nurhalida Sartika
Editor:
Amran Hapsan
No. ISBN:
978-623-09-0439-4
Tahun:
2022
Deskripsi:
"Media pembelajaran merupakan salah satu sarana atau komponen yang sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam belajar, sehingga apa yang disampaikan guru dapat diterima baik oleh peserta didik. Media pembelajaran tidak hanya sebagai alat bantu, melainkan salah satu strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Fungsi media pembelajaran yang perlu ditekankan yaitu sebagai sumber belajar dan alat bantu peserta didik untuk memperoleh pesan dan informasi dari guru, sehingga dapat mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan siswa.

Dalam mengimplementasikan media pembelajaran pada matematika, guru perlu memperhatikan fokus apa yang ingin disampaikan kepada peserta didik agar menjadi tepat guna, seperti dalam penyampaian konsep matematika akan berbeda dengan mengajarkan prinsip atau prosedur dalam matematika. Begitupun jika ingin mengajarkan penguasaan (mastery) pada peserta didik yang akan berbeda dengan cara mereview pemahaman mereka.

Pemilihan media pembelajaran juga perlu memperhatikan cara atau gaya belajar peserta didik. Media pembelajaran untuk pengekspresian diri akan berbeda dengan cara belajar peserta didik yang cenderung memperhatikan interpersonal mereka. Oleh karena itu, buku ini membahas masalah teori dan aplikasi media pembelajaran yang memperhatikan penguasaan (mastery), pemahaman, ekspresi diri, dan interpersonal peserta didik, khususnya pada matematika tingkat Sekolah Dasar."

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama