BUKU TERBARU

KESANTUNAN IMPERATIF GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING: Analisis dan Refleksi Kesantunan Berbahasa Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Judul Buku:
KESANTUNAN IMPERATIF GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING: Analisis dan Refleksi Kesantunan Berbahasa Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19
Pengarang:
Aris S., S.Pd., M.Pd.
ISBN:
978-623-09-1977-0
Tahun:
2023

Deskripsi:
"Masa pandemi Covid-19 memberi pelajaran dan pengalaman yang sangat berharga dalam dunia pendidikan. Begitu juga kepada rekan-rekan guru dalam melaksanakan dan mengelola pembelajaran daringnya. Guru perlu memahami kondisi siswanya dalam pembelajaran daring terutama dampak psikologis yang ditimbulkan. Siswa yang saat usianya memerlukan sosialisasi yang intens dengan teman-temanya, interaksi secara emosional dengan gurunya dalam pembelajaran tiba-tiba harus belajar dari rumah dengan menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran daring yang digunakan gurunya. Hal inilah yang harus diantisipasi seorang guru dalam mengelola pembelajaran daringnya dengan menggunakan kesantunan berbahasa imperatif.

Buku ini mengupas, menganalisis,dan merefleksi secara sederhana kalimat imperatif (kalimat yang memiliki maksud memerintah, meminta, menyuruh dengan tujuan agar lawan bicara (siswa) melakukan sesuatu yang dinginkan oleh penutur (guru) dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Apabila seorang guru sudah mampu memberikan perintah dengan tidak terkesan memaksa, menekan, mengancam dengan memaksimalkan rasa simpati kepada mitra tuturnya (siswa) maka guru tersebut sudah menggunakan kesantunan imperatif dengan baik.

Bagaimana representasi kesantunan imperatif guru disampaikan dengan pola kesantunan imperatif linguistik modus imperatif dan kesantunan imperatif pragmatik modus deklaratif dan interogatif dalam pembelajaran daring. Silahkan baca buku ini sebagai referensi dalam mengelola pembelajaran. Sikap dan tuturan guru yang sopan dan santun memiliki efek psikologis bagi siswa dalam merenspon pembelajaran. Suasana pembelajaran yang harmonis melalui penggunaan bahasa yang santun dapat menumbuhkan semangat belajar bagi siswa."
 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama