BUKU TERBARU

GUGUS FUNGSI SENYAWA ORGANIK

Judul Buku:
Gugus Fungsi Senyawa Organik
Pengarang:
Dewi Lidiawati, S.Si., M.Si.
Adila Fakhriana Rifqi Muis
Ainum Reski, dkk
ISBN:
978-623-09-4552-6
Tahun:
2023
Deskripsi:
"Sekitar tahun 1780-an, Karl Wilhem Scheele yang merupakan seorang ilmuan yang mampu membedakan antara senyawa organik dan senyawa anorganik. Scheele mengartikan senyawa organik sebagai senyawa yang di hasilkan dari makhluk hidup sedangkan senyawa anorganik di artikan sebagai senyawa yang tidak di hasilkan dari makhluk hidup. Pada tahun 1828, seorang ilmuan Jerman Bernama Friedrich Wöhler berhasil mensintesis Urea yang merupakan senyawa organik dari senyawa anorganik Ammonium Klorida. Sejak saat itu teori Vis vitalis perlahan-lahan menghilang dan banyak ilmuan yang mencoba mensintesis senyawa organic dari senyawa anorganik.

Selanjutnya August Kekule memperbaharui definisi senyawa organic yang dikenal sebagai modern definition of organic compound. Senyawa organik merupakan senyawa yang tersusun atas rantai karbon, sedangkan senyawa anorganik merupakan senyawa yang tidak tersusun atas rantai karbon.

Kimia organik adalah salah satu cabang imu kimia mengenai struktur, sifat, komposisi, reaksi dan sintesis senyawa organik. Kimia Organik memiliki beberapa gugus fungsi diantaranya Alkohol, Eter, Aldehid, Asam Karboksilat, Ester, Amina, Amida, Fenol dan Keton. Konsep mengenai gugus fungsi dalam kimia organik sangat penting. Karena berfungsi untuk menggolongkan struktur dan memprediksi karakteristiknya. Gugus fungsi dapat berpengaruh pada sifat fisik dan kimia suatu senyawa organik."

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama