BUKU TERBARU

THE CIVILIZED SCHOOL: Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Sekolah Beradab

Judul Buku:
The Civilized School: Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Sekolah Beradab
Pengarang:
Dr. Budi Harjo, M.Pd.
ISBN:
978-623-09-4117-7
Tahun:
2023
Deskripsi:
"Adab merupakan perkara yang sangat penting, maka dari itu para ulama senantiasa memperhatikan masalah adab. Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam telah menerangkan tentang Islam secara sempurna, termasuk di dalamnya masalah adab. Adab dan akhlak yang baik adalah bagian dari amal shalih yang dapat menambah keimanan. Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam bersabda, “sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.” (HR. Bukhori).

Dalam hadits lain, Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam bersabda, “tidak ada sesuatupun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari kiamat daripada akhlak yang baik, ….” Para ulama terdahulu selalu mengajarkan anak-anak mereka mempelajari adab terlebih dahulu sebelum mereka menuntut ilmu. Imam Sufyan ats-Tsauri berkata: “mereka tidak menyuruh/mengirimkan anak-anak mereka untuk menuntut ilmu, hingga mereka mempelajari adab dan beribadah selama 20 tahun.”

Adab yang baik adalah cerminan akhlakul karimah yang diteladankan Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam kepada umatnya, pembinaan akhlak yang baik untuk menjadi pribadi-pribadi yang beradab merupakan tanggung jawab setiap orang tua terhadap anaknya. Selain orang tua, lembaga pendidikan yang berkualitas dapat membantu membina generasi usia emas (golden age) dalam pembentukan akhlak dan adab untuk masa depan bangsa dan agama yang lebih baik. Memperhatikan tentang pentingnya masalah adab, khususnya tentang bagaimana mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum adad di sekolah, maka buku ini disusun.

Buku ini disusun dengan tujuan memenuhi kebutuhan dan referensi dalam pengembangan dan implementasi kurikulum sekolah beradab. Buku ini terdiri dari lima Bab. Bab 1 berisi tentang hakekat belajar, pendidikan, dan sekolah. Bab 2 berisi tentang sekolah Indonesia dari masa ke masa, antara harapan dan realita, Bab 3 berisi tentang budaya dan iklim sekolah beradab, Bab 4 menjelaskan tentang pengertian sekolah beradab, selanjutnya Bab 5 berisi tentang muatan, proses pembelajaran dan penilaian serta pelaporan kurikulum adab di sekolah"

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama